Wednesday

PRO FORMA KURSUS PROGRAM DPLI

PRO FORMA KURSUS
PROGRAM DIPLOMA PERGURUAN LEPAS IJAZAH (PDPLI)
Sejarah(Minor)

Nama Kursus
Pengajaran dan Pembelajaran Sejarah
Kod Kursus
SJP2203M
Kredit
3(3+0)
Jam Interaksi
45  
Bahasa Pengantar
Bahasa Melayu
Prasyarat
Tiada
Semester
 Kedua
Hasil Pembelajaran 
1.    Menganalisis kandungan mata pelajaran Sejarah dalam Kurikulum Standard Sekolah Rendah (KSSR).
2.    Mengintegrasikan kemahiran pedagogi dalam proses pengajaran dan pembelajaran Sejarah.
3.    Mengaplikasikan kemahiran merancang persediaan mengajar.
4.    Menganalisis  isu-isu terkini  dalam pengajaran dan pembelajaran Sejarah.
5.   Membuat refleksi  dalam pengajaran mikro dan makro.

Sinopsis

Kursus ini berfokus pada pengenalan mata pelajaran Sejarah dalam Kurikulum Standard Sekolah Rendah (KSSR) dan  aplikasi pedagogi dalam mata pelajaran Sejarah.  Kursus ini juga berfokus pada pengajaran mikro dan makro, isu-isu dalam pengajaran dan pembelajaran Sejarah dan  profesionalisme guru Sejarah. 

This course focuses on the introduction of historical subjects in the Kurikulum Standard Sekolah Rendah (KSSR) and the application pedagogy in historical subjects. This course also focuses on teaching micro and macro, issues in teaching and learning history and professionalism of history teachers.  




Bil
Tajuk
Kandungan
Jam

1.

Kurikulum Sejarah Sekolah Rendah 


1.1  Latar belakang kurikulum
1.2  Kurikulum Standard Sekolah
Rendah (KSSR)
  • Asas penggubalan KSSR
  • Bentuk KSSR
  • Elemen merentas kurikulum
  • Kurikulum berasaskan standard


3

2.

Aplikasi Pedagogi Dalam Pengajaran dan Pembelajaran Sejarah


2.1  Kaedah, Strategi dan Teknik 
       Pengajaran dan Pembelajaran
       Sejarah

·                     Kajian Masa Depan
·                     Teknik Bercerita 
·                     Lakonan
·                     Inkuiri Penemuan
·                     Kontekstual
·                     Pembelajaran Koperatif
·                     Pembelajaran Luar Bilik 
  D             Darjah(PLBD)
·       Temu Bual
·       Pembelajaran Berasaskan     
           Projek (PBL)
·       Pembelajaran Berasaskan
                 Permainan


12



3.
Pentaksiran dalam Pengajaran Sejarah
3.1  Jenis Pentaksiran
·       Sumatif
·       Formatif
·       Berasaskan sekolah
6

4.

Pembinaan Bahan Pengajaran dan Pembelajaran Sejarah

4.1  Bahan sumber konvensional
·    Bahan cetak, bahan bukan cetak dan bahan elektronik


4.2   Bahan sumber berasaskan
       Teknologi Maklumat dan  
       Komunikasi (ICT)

  • Powerpoint, word dan excel, CD, e-book dan internet

4.3   Penghasilan bahan sumber


6

5.

Pengajaran Mikro dan Makro dalam Pengajaran Sejarah



5.1  Persediaan rancangan     
  pengajaran tahunan dan
  rancangan pengajaran harian
5.2  Konsep dan kepentingan  
  pengajaran mikro

5.3  Kemahiran-kemahiran asas   
       pengajaran mikro
·     Kemahiran set induksi
·     Kemahiran menggunakan    papan tulis
·     Kemahiran variasi rangsangan
·     Kemahiran menyoal
·     Kemahiran menggunakan    
   pengukuhan
·    Kemahiran penutup



5.4  Amali pengajaran makro
·                   Permulaan
·                   Perkembangan
·                   Penutup

12

6.

Isu-Isu Dalam Pengajaran dan Pembelajaran Sejarah


6.1  Penerapan nilai patriotisme
6.2  Perlibatan murid dalam 
       pengajaran dan pembelajaran
       sejarah
6.3  Penggunaan sumber oleh
 guru


3

7.

Profesionalisme Guru Sejarah

7.1  Etika guru sejarah
7.2 Peranan guru sejarah dalam 
 pembinaan negara bangsa
7.3  Akta Pendidikan 1996 Pindaan
 2002

3
Jumlah
45

Pentaksiran
Kerja Kursus :  100 %
Rujukan Asas
Hazri Jamil .(2003). Teknik mengajar sejarah.  Bentong:
     PTS Publications  & Distributions  Sdn.  Bhd.

Ismail Said. (2008). Pembelajaran koperatif sekolah rendah.
        Shah Alam: Karisma Publication.

Shahbuddin Hashim., Rohizani Yaakub., & Mohd Zohir. (2002). 
     Pedagogi: Strategi dan Teknik Mengajar dengan Berkesan.  
     Bentong: PTS Publications  & Distributions  Sdn.  Bhd.
Rujukan Tambahan
Abdul Rahim Abdul Rashid. (2000).  Model Dan Pendekatan
     Pengajaran Sejarah KBSM. Petaling Jaya: Penerbit Fajar
     Bakti  Sdn. Bhd

Burde, D.M.& Bryd , D.M. (2003). Methods for effective
        Teaching (3rd). Boston: Pearson/Allyn Bacon.

Burde, D.M.& Burden,  P.R. (2007). Methods for effective
        teaching: promoting K12 student understanding.(4th  ed).
        Boston: Pearson.

Carson, S.C. (2001). Continous improvement in the History and     
        Social Science Classroom.  Wisconsin: ASQ Quality Press.

Jarvis, P. (2002). The theory and practice of teaching.
         United States of America: Kagan Page.

Joyce, B, et..al. (2000). Models of teaching.(6th ed). Boston: 
         Allyn and Bacon.

Omardin Ashaari. (1996). Kaedah pengajaran sejarah.  
         Kuala Lumpur: Utusan Publications.

Paul, R.B. (2007). Methods for effective teaching.
         Boston: Pearson Education.

11 comments:

  1. Anonymous17:40

    assalamualaikum cik,
    saya dyg ida, dpli sejarah ipgks, miri...
    saya dah cuba cari etika dan profesionalisme guru sejarah. tetapi tidak menjumpai banyak info. bolehkah saya minta jasa baik cik untuk berkongsi nota...dyg_ida@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. ssalamualaikum..
    boleh bantu saya untuk dapatkan modul kurikulum sejarah sekolah rendah...saya semester 5 IPG Perlis..terima kasih..
    einaali74@gmail.com

    ReplyDelete
  3. ssalamualaikum..
    boleh bantu saya untuk dapatkan modul kurikulum sejarah sekolah rendah...saya semester 5 IPG Perlis..terima kasih..
    einaali74@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous02:44

      Asa syarikat pinjaman pinjaman bersedia untuk meminjamkan mana-mana jumlah yang anda perlukan untuk memulakan perniagaan peribadi anda. kami memberi pinjaman pada kadar faedah 3%, juga jika anda ingin membeli rumah di atas ansuran bulanan kita juga boleh menjual rumah untuk anda. supaya Sila memohon pinjaman pertanian pertanian. jika anda memerlukan hubungan pinjaman e-mel kami: asaloantransfer@gmail.com, anda juga boleh menghubungi e-mel ini: finance_institute2015@outlook.com, Mungkin ada banyak sebab mengapa anda perlu akses kepada beberapa wang tunai tambahan - daripada yang tidak dijangka pembaikan kereta atau rumah untuk membayar perkahwinan anda atau cuti khas. Tetapi apa sahaja yang anda memerlukannya, apabila anda meminjam antara $ 5,000 USD untuk 100,000 USD di atas.

      pengkhususan Syarikat.
      1) Kami memberi pinjaman pada kadar faedah 3%.
      2) Kami juga boleh membeli sebuah rumah pilihan anda dalam mana-mana lokasi pilihan anda.

      Delete
  4. Anonymous02:43

    Asa syarikat pinjaman pinjaman bersedia untuk meminjamkan mana-mana jumlah yang anda perlukan untuk memulakan perniagaan peribadi anda. kami memberi pinjaman pada kadar faedah 3%, juga jika anda ingin membeli rumah di atas ansuran bulanan kita juga boleh menjual rumah untuk anda. supaya Sila memohon pinjaman pertanian pertanian. jika anda memerlukan hubungan pinjaman e-mel kami: asaloantransfer@gmail.com, anda juga boleh menghubungi e-mel ini: finance_institute2015@outlook.com, Mungkin ada banyak sebab mengapa anda perlu akses kepada beberapa wang tunai tambahan - daripada yang tidak dijangka pembaikan kereta atau rumah untuk membayar perkahwinan anda atau cuti khas. Tetapi apa sahaja yang anda memerlukannya, apabila anda meminjam antara $ 5,000 USD untuk 100,000 USD di atas.

    pengkhususan Syarikat.
    1) Kami memberi pinjaman pada kadar faedah 3%.
    2) Kami juga boleh membeli sebuah rumah pilihan anda dalam mana-mana lokasi pilihan anda.

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum Wr. Wb.

    WhatsApp Only>>>(+33) 753893351
    Email<<<>>>{aditya.aulia139@gmail.com}
    {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    ReplyDelete
  6. Halo pemirsa di seluruh dunia, Ada kabar baik untuk Anda semua hari ini dapatkan kartu ATM Kosong Anda yang berfungsi di semua mesin ATM di seluruh dunia. Kami memiliki program khusus kartu ATM yang dapat digunakan untuk meretas mesin ATM, kartu ATM dapat digunakan untuk menarik di ATM atau geser, di toko dan POS. Kami memberikan kartu ini kepada semua klien yang tertarik di seluruh dunia, Kami memberikan Kartu ATM Kosong. Apakah Anda ingin menjalani kehidupan yang baik yang dianggap ilegal, cara termudah untuk menjadi jutawan. itu juga memiliki teknik yang membuat CCTV tidak mungkin mendeteksi Anda dan Anda hanya dapat menarik sejumlah $ 5.000 Dolar dalam sehari di Mesin ATM juga tersedia saat pengiriman tunai. Kami memberikan hingga $ 10.000,00 hingga $ 1.000.000,00 Dolar Dengan layanan peretasan jaringan kami. Kami dapat Memulihkan semua uang Anda yang hilang ke Bitcoin dan mata uang Crypto lainnya, penipuan hipotek / realestate, dan ICO palsu dalam waktu 48 jam atau kurang. (Thomas Freddie Hackers) bekerja sama sebagai tim untuk melacak & memulihkan dana kembali dari PENCIPTA internet yang paling sulit. CATATAN!! Kami telah menerima laporan memilukan yang tak terhitung jumlahnya dari penipu terkenal dan kami berhasil memulihkannya kembali melalui kontak thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Hubungi kami di ((Pemulihan Biner. Kelas Universitas. Menyeka Catatan Kriminal, Peretasan FB & IG, Telegram, Muatan & Peretasan Telepon)) membatasi kami dengan pekerjaan Anda & izinkan kami memberi Anda hasil positif dengan keterampilan peretasan kami. Kami bersertifikat dan privasi Anda 100% aman bersama kami. Jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda, Jika Anda membutuhkan layanan peretasan cyber lainnya, kami siap membantu Anda kapan saja, kapan saja, jadi hubungi kami melalui Alamat Email kami: thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Salam
    THOMAS FREDDIE HACKER TANPA BATAS
    Kirim email ke thomasunlimitedhackers@gmail.com
    Telepon / SMS: +1 (985)465-8370
    Motto: Kami menawarkan layanan tercepat dan terpercaya

    ReplyDelete
  7. Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND
    Gmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com                       
    Selamat siang
    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karenaa saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""(((((onebillionrisingfund@gmail.com))))))))"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC 


    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar
         

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))
    Allahu akbar

    ReplyDelete
  8. Yang mana kamu?

    KEPEMILIKAN SATU-SATUNYA
    KEMITRAAN
    KERJA SAMA
    PERSEROAN TERBATAS
    KOOPERATIF

    Saya ingin menggunakan media ini agar Anda semua tahu bahwa mendapatkan pinjaman tidak sesulit dan stres seperti yang Anda pikirkan

    Saya Rina Mariana asli bandung. Indonesia
    Saya mendapat pinjaman saya dari ONE BILLION RISING FUND dan proses aplikasi saya mudah, lancar dan dapat dimengerti dan saya telah diberkati sejak saya baru di perusahaan pinjaman dan hidup saya tidak lagi menjadi bahan tertawaan bagi orang-orang melainkan mereka datang kepada saya sekarang untuk meminta nasihat dan bagaimana membantu mereka secara finansial dan sejauh ini saya telah memperkenalkan cukup banyak orang ke perusahaan pinjaman dan mereka juga mendapatkan pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND
    Saya akan menyarankan jika Anda sedang membutuhkan pinjaman dan ingin mendapatkan bantuan karena kami telah mendapatkan bantuan dari ONE BILLION RISING FUND kemudian hubungi perusahaan pinjaman melalui gmail di bawah ini dan dapatkan transformasi dalam hidup Anda secara finansial dan bisnis Anda seperti yang kami lakukan
    Mereka yakin, aman, andal, dan terbuka untuk pelanggan
    Mengapa saya menyukai mereka adalah karena Anda sangat bebas bertanya tentang pinjaman Anda dan layanan mereka 24/7

    Nama Perusahaan:::ONE BILLION RISING FUND
    Gmail: onebillionrisingfund@gmail.com

    Hubungi saya

    Nama ::::::::::: Unung Rina Marian
    Gmail :::::::::::: rinamariana874@gmail.com
    Pekerjaan ::::: KEPEMILIKAN SATU-SATUNYA
    Jumlah pinjaman ::::: ;; $ 10.000,00
    Kota Saat Ini :::::::::: Jakarta

    ReplyDelete
  9. Nama:::::::::::::::::::::::::::[Queen Jamillah]
    Negara:::::::::::::::::::::::::::::[Indonesia]
    Jumlah:::::::::::::::::::[Rp.9,8 miliar]
    Alamat::::::::::::::::::::[Surabaya]
    W/A:::::::[+6287818697754]
    ☎::::::[+6287818697754]
    e_mail:::::::::::::::::[queenjamillah09@gmail.com]
    Teman-teman orang Indonesia Nama saya Jamiilah saya seorang muslim jika Anda membaca blog selama dua sampai tiga tahun sekarang Anda akan menemukan bahwa saya telah membuat beberapa kesaksian mengenai saya mendapatkan pinjaman dari Bunda Iskandar dan saya memang sangat senang karena memberi tahu semua orang bahwa ibu Iskandar memang pemberi pinjaman yang sangat tulus dan juga saya dapat membuktikan fakta bahwa begitu banyak pelanggan juga telah mendapatkan pinjaman yang benar dari ibu selama bertahun-tahun melalui saya dan saya sangat senang untuk itu [Kesaksian terbaru sekarang adalah bahwa suami saya harus menyusun rencana mendirikan perusahaan mencuri di (Surabaya))))))) sehingga dia juga dapat memiliki akses ke bisnis yang lebih dan lebih berorientasi pada keuntungan yang melibatkan capaital yang sangat besar sehingga saya harus menghubungi Ibu bahkan ketika saya belum menyelesaikan cicilan bulanan terakhir saya sehingga ibu setuju untuk meminjamkan saya dan suami saya karena rencana bisnisnya berorientasi pada keuntungan dan kami harus mengajukan pinjaman sebesar (((Rp. 9,8 miliar) sehingga dana untuk proyek tersebut akan menjadi e Cukup mengejutkan kami, pinjaman saya disetujui oleh manajemen dalam waktu beberapa jam dan setelah beberapa waktu transfer berhasil dilakukan dengan gangguan dari OJK atau lembaga pengatur keuangan lainnya]

    Ibu Iskandar tidak pernah menipu siapa pun atas uangnya,
    Ibu memang pemberi pinjaman yang sangat tulus
    Perusahaan Induk terdaftar di OJK jadi jangan takut
    Ibu Iskandar punya catatan bagus dalam meminjamkan
    Tarifnya sangat bersahabat dibandingkan dengan Bank
    Minimum (Rp.100juta)))))
    Maksimum (((((Rp.100 miliar)

    Detail Kontak Perusahaan:
    e_mail:::[[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]]]
    COMPANY::::::::::::[Iskandar Lestari Loan Company]]]

    ReplyDelete
  10. Halo semuanya, saya ingin segera menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana ALLAH mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman sejati yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki hidup yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya ditipu 32 juta, dari dua pemberi pinjaman yang berbeda. Saya melamar karena saya membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis saya. Saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah dan itu tidak akan merugikan saya, jadi saya memutuskan untuk meminta nasihat dari teman saya. tentang cara melakukannya, mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan dia mengarahkan saya ke seorang wanita bernama Nyonya Helen Wilson.

    Saya mengajukan pinjaman (Rp780 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sekitar beberapa menit kemudian, saya mendapat tanggapan darinya dan mulai. Pinjaman tersebut disetujui tanpa tekanan dan semua persiapan darinya dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan agunan untuk transfer tersebut. Dalam peminjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 4 jam uang itu disimpan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu mimpi sampai saya mendapat notifikasi dari bank saya bahwa rekening saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp 780 juta. Saya sangat senang akhirnya ALLAH menjawab doa saya dengan menginstruksikan pemberi pinjaman saya dengan kredit nyata, yang dapat memberikan keinginan hati saya.

    Terima kasih banyak kepada Helen Wilson karena membuat hidup saya adil. Saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman online untuk berhati-hati terhadap penipu pinjaman karena ada banyak di internet. Jika ada yang membutuhkan pinjaman, hubungi Nyonya Helen Wilson melalui E-mail (helenwilson719@gmail.com) ATAU melalui whatsApp: WA: +1-585-326-2165. untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    E-mail (helenwilson719@gmail.com) ATAU WhatsApp: +1-585-326-2165


    Terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca Kesaksian saya dan saya harap ini memandu Anda ke arah yang lebih baik jika Anda mencari pinjaman online dan saya berdoa semoga Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya Sri Heryani Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (sriheryani095@gmail.com)
    Terima kasih untuk kalian semua.

    ReplyDelete